SMP PANGUDI LUHUR SEDAYU
SMP Pangudi Luhur St. Vicentius - Jl. Wates Km 12, Sedayu, Bantul 55752 Jawa Tengah  - Indonesia
Kamis, 02 Juli 2020  - 2 User Online  
BERANDABUKU TAMU. 


03.04.2009 10:35:36 1934x dibaca.
ARTIKEL
ERA PEMBAHARUAN

Oleh : Ag. Hari Prasetyo, S.T.

Sudah satu tahun lamanya SMP Pangudi Luhur Sedayu, yang sekarang namanya menjadi SMP Pangudi Luhur St. Vincentius Sedayu dipimpin oleh Kepala Sekolah seorang Bruder, yaitu Bruder Martinus Sariya Giri, S. Ag. FIC. Selama satu tahun kepemimpinannya, bruder telah banyak melakukan pembaharuan di SMP Pangudi Luhur St. Vincentius Sedayu, termasuk salah satunya yaitu pemberian nama pelindung sekolah yaitu Santo Vincentius, sehingga nama sekolah menjadi SMP Pangudi Luhur St. Vincentius Sedayu. Pembaharuan di sini dalam arti membuat sesuatu yang baru dan memperbaharui hal atau kebiasaan lama yang sudah ada.

Dalam hal religius, Bruder menekankan bahwa kita semua merupakan komunitas iman, bukan hanya sekumpulan orang yang bekerja mencari uang. Pembaharuan dalam bidang ini yaitu diadakannya doa pagi dan siang yang disentral sehingga suasana religius sangat terasa sekali waktu doa pagi dan siang hari. Sebelumnya doa pagi dan siang dilakukan di tiap-tiap kelas tidak secara bersamaan. Selain itu para guru juga selalu menutup kegiatan dengan doa bersama yang dipimpin secara bergiliran. Untuk siswa, diadakan kegiatan rekoleksi. Dan bagi kelas 7, mulai tahun ini rekolaesi dilaksanakan di awal tahun dengan tujuan mematangkan siswa memulai kegiatan pembelajaran dan hidup bersama di sekolah.

Dalam hal akademis, terutama mengenai hal kelulusan dan penerimaan siswa baru juga terjadi peningkatan prosentase. Pembaharuan dalam bidang ini misalnya untuk kelas 9, selain diadakan les, masih ditambah dengan kegiatan belajar kelompok setiap hari Jumat di ruang yang nantinya menjadi ruang ujian sehingga anak dari awal sudah tahu posisinya mental anak lebih siap. Jumlah siswa baru juga meningkat karena terobosan-terobosan yang dilakukan, sebagai contoh yaitu promosi ke SD Negri, mengadakan lustrum sekolah dengan mengundang anak SD.

Prestasi bidang non akademis juga diperoleh SMP Pangudi Luhur St. Vincentius Sedayu di bawah kepemimpinan Bruder Giri. Dengan cara mempersiapkan dengan sungguh-sungguh semua siswa yang akan ikut lomba, akhirnya piala kejuaraaan bisa dibawa pulang, antara lain lomba sesorah dan lomba paduan suara yang dibimbing oleh Bruder sendiri. Selain itu Drumb Band dilaksanakan sebagai ekstra kurikuler, padahal sebelumnya alat-alat drumb band terbengkalai tidak dipakai.Drumb Band SMP PL St. Vincentius Sedayu juga sudah tampil di beberapa tempat dan semakin membuat SMP PL St. Vincentius Sedayu dikenal masyarakat luas.

Dalam hal kegiatan, di awal tahun pelajaran, Bruder sudah membuat peta kegiatan selama satu tahun sehingga semua kegiatan yang akan dilakukan sudah terencaan dan terprogram. Kegiatan rapat juga dilakukan rutin setiap bulan, sehingga semua kegiatan yang sudah direncanakan dapat selalu dipantau dan dibicarakan pelaksanaannya. Ini juga merupakan pembaharuan yang dilakukan Bruder.

Pembinaan kepada guru juga dilakukan oleh Bruder jika misalnya ada masalah antara guru dengan siswa. Buku, majalah atau CD tentang motivasi dan psikologi anak juga diberikan Bruder kepada para guru sehingga semakin menambah pengetahuan guru.

Bangunan sekolah juga tak luput dari pembaharuan. Cat tembok sekarang dibuat lebih ngejreng warnanya dengan tujuan supaya siswa lebih bersemangat. Tempat sampah diganti dengan yang lebih besar sehingga kebiasaan “ meletakkan sampah” yang dicanangkan Bruder semakin membudaya di lingkungan SMP Pl St. Vincentius Sedayu. Bak penampung air juga dibangun, dengan tujuan menghemat pemakaian listrik.

Pembaharuan terus dilaksanakan sampai sekarang sehingga diharapkan akan tercipta kebiasaan dan pembiasaan baru yang baik di sekolah baik itu pada siswa, guru ataupun karyawan. Hal ini ke depannya tentu pasti akan membuat SMP Pangudi Luhur St. Vincentius Sedayu semakin maju dan berprestasi di bawah kepemimpinan Br. Martinus Sariya Giri, S. Ag. FIC. Yell ini akan selalu bergema di hati semua warga sekolah Santo Vincentius! Pribadi beriman, unggul dalam mutu!!








^:^ : IP 34.231.21.160 : 2 ms   
SMP PANGUDI LUHUR SEDAYU
 © 2020  http://smpplsedayu.pangudiluhur.org/