SMP PANGUDI LUHUR SEDAYU
SMP Pangudi Luhur St. Vicentius - Jl. Wates Km 12, Sedayu, Bantul 55752 Jawa Tengah  - Indonesia
Kamis, 02 Juli 2020  - 1 User Online  
BERANDABUKU TAMU. 


30.10.2009 12:32:08 1152x dibaca.
ARTIKEL
KEGIATAN STUDI BANDING

SMP PL ST VINCENTIUS SEDAYU “NGANGSU KAWRUH” KE PL KLATEN


Berangkat dari keinginan untuk semakin berkembang, mendorong Keluarga SMP PL St. Vincentius Sedayu melakukan study banding ke SMP PL Klaten. Kegiatan diikuti oleh seluruh guru dan karyawan. Hari itu serasa sangat istimewa karena angka 9 cukup mewarnai kegiatan tersebut: terjadi pada 09.09.09, tiba di Klaten pukul 09.00 WIB.

Sampai disana  rombongan disambut oleh kepala sekolah SMP PL Klaten, Br. Agustinus Marjito, S.Pd,FIC dan beberapa stafnya. Kesan pertama masuk ke lingkungan sekolah SMP PL 1 Klaten adalah lingkungannya sejuk dan asri. Sambutan yang bersahabat dan ramah membuat keluarga SMP PL St. Vincentius Sedayu seperti menemukan saudaranya yang selama ini sering kali terucap tapi belum pernah bersua. Ketika kunjungan berlangsung tidak semua guru dan karyawan dapat bertemu dengan keluarga SMP PL St. Vincentius Sedayu karena saat itu tengah terjadi pembelajaran di kelas.

Pada kesempatan itu Kepala SMP PL St. Vincentius Sedayu, Br Martinus Sariya Giri, S.Ag, FIC, mengungkapkan tujuan dari kunjungan tersebut yakni untuk menimba ilmu dari SMP PL 1 Klaten, untuk membangun persaudaraan agar dapat maju bersama, juga sebagai bentuk refreshing dan ucapan syukur  atas proses akreditasi sekolah yang baru saja selesai dengan lancar.

Dalam sambutannya Br. Marjito, memperkenalkan profil SMP PL.1 Klaten sebagai sekolah yang sudah dikenal oleh masyarakat dengan jumlah siswa yang sangat banyak. Sekolah ini didirikan sekitar 54 tahun yang lalu. Hal yang paling berat dirasakan oleh sekolah ini adalah bagaimana mempertahankan citra sekolah ini agar tetap baik di mata masyarakat sehingga masyarakat tetap mempercayakan pendidikan putra dan putrinya di sekolah ini. Selain itu beliau juga memaparkan beberapa  program pendidikan di SMP PL 1 Klaten. Seperti tentang program Mulok, program Blok Minat dan  program pengembangan kepribadian.

Setelah pertemuan bersama, keluarga SMP PL St. Vincentius Sedayu diberi kesempatan untuk ngangsu kawruh secara langsung sesuai bidang tugasnya seperti ke bagian Kurikulum Sekolah, bagian Kesiswaan, BP/BK, Tata Usaha, dan bagian Tenaga Pelaksana Harian . Seperti misalnya Pak Sumarjo selaku petugas pelaksana sekolah SMP PL St. Vincentius Sedayu berkunjung ke bagian petugas pelaksana harian sekolah. Dengan harapan semuanya itu nanti dapat sebagai tolok ukur guna kemajuan SMP PL St. Vincentius Sedayu khususnya.

Sekitar pukul 12.00 keluarga SMP PL St. Vicentius Sedayu pamitan untuk melanjutkan kunjungan ke saudaranya yang lain yaitu sesama SMP PL yang ada di wilayah Klaten, seperti SMP PL Wedi dan SMP PL Bayat. Di SMP  PL Wedi, rombongan di terima oleh Kepala Sekolah dan beberapa guru yang saat itu tidak mengajar. Sedang di PL Bayat rombongan diterima dengan penuh persaudaraan oleh semua guru dan karyawan. Kunjungan ini hanya sekedar silaturahmi saja karena tidak ada acara khusus sebagaimana di SMP PL 1 Klaten. Dalam perjalanan pulang kembali ke Yogya keluarga SMP PL St. Vincentius Sedayu menyempatkan mampir ke obyek wisata Rowo Jombor sekaligus untuk makan siang di sana.

Berakhir sudah kegiatan “ngangsu kawruh” pada hari itu. Semua berharap agar segala ilmu dan pengalaman yang ditimba hari itu dapat digunakan untuk memupuk SMP PL St. Vincentius Sedayu semakin subur berkembang. Harapan kami, pada waktu-waktu mendatang kami dapat berkunjung ke Sekolah saudara Pangudi Luhur yang lain. Viva SMP PL St. Vincentius Sedayu.

Oleh: F. Noviana. E








^:^ : IP 34.231.21.160 : 2 ms   
SMP PANGUDI LUHUR SEDAYU
 © 2020  http://smpplsedayu.pangudiluhur.org/