SMP PANGUDI LUHUR SEDAYU
SMP Pangudi Luhur St. Vicentius - Jl. Wates Km 12, Sedayu, Bantul 55752 Jawa Tengah  - Indonesia
Sabtu, 25 November 2017  - 1 User Online  
BERANDABUKU TAMU. 


26.06.2012 19:35:46 4901x dibaca.
ARTIKEL
PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN MELALUI BANK SAMPAH

LATAR BELAKANG

SMP Pangudi Luhur St. Vincentius Sedayu terletak daerah pedesaan, tepatnya di Jalan Wates KM 12, Dusun Pedusan RT 58 Argosari Sedayu Bantul. Pada tahun 2010 SMP Pangudi Luhur St. Vincentius Sedayu meraih Juara I Sekolah Sehat tingkat kabupaten, hal ini membawa dampak positif kepada semua warga sekolah sehingga budaya bersih dan sehat sampai sekarang masih terjaga dengan baik. Karena itu, sekolah terus berupaya untuk semakin mewujudkan sekolah yang bersih dan sehat, salah satunya dalam hal pengelolaan sampah.

Setiap hari, sekolah menghasilkan berbagai macam sampah, baik sampah organik maupun non organik. Sampah organik berupa bahan-bahan yang bisa diurai oleh tanah dan barmanfaat bagi tanah. Sedangkan sampah non organik tidak diurai kembali kecuali didaur ulang untuk pemanfaatan lain.

Menyaksikan banyaknya sampah yang dihasilkan setiap hari, sekolah memikirkannya sebagai suatu wahana untuk pendidikan kewirausahaan. Maka pendidikan kewirausahaan pada tahun ini difokuskan pada pengelolaan sampah yang dihasilkan warga kelas. Sebagian besar sampah dari kelas berupa kertas dan plastik, yang termasuk kategori sampah laku jual. Maka setiap siswa dilatih untuk memanfaatkan sampah sampah tersebut melalui organisasi yang disebut: BANK SAMPAH.

Melalui BANK SAMPAH, sampah dari kelas dikumpulkan berdasarkan jenisnya, kemudian ditimbang dan disetor ke Bank Sampah. Dari sana para penyetor akan mendapatkan uang hasil penjualan sampah. Uang tersebut selanjutnya dimasukkan ke kas kelas sehingga bisa digunakan untuk kepentingan bersama, misalnya untuk fotocopy materi pelajaran ataupun pembelian kebutuhan kelas.

Pada Tahun Pelajaran 2011/2012 ini jumlah keseluruhan siswa SMP Pangudi Luhur St. Vincentius Sedayu ada 206 orang. Dari jumlah tersebut, sekitar 60% siswa berasal dari keluarga kurang mampu, dan semangat berkreasi / berwirausaha-nya masih kurang, sehingga sekolah berupaya untuk menanamkan kreatifitas dan jiwa kewirausahaan pada siswa sejak dini. 

Semua guru sepakat untuk menanamkan karakter kreatif dalam proses belajar mengajar. Daya kreatifitas ini ditekankan pada sense of loving terhadap lingkungan khususnya pada pengelolaan barang bekas dan sampah untuk menjadi barang ekonomi.

 

PELAKSANAAN PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN MELALUI BANK SAMPAH

Pelaksanaan pengelolaan sampah dalam sebuah Bank Sampah adalah sebagai berikut:

  1. Sampah dikelompokkan menjadi dua, yaitu sampah organik dan non organik.
  2. Untuk sampah organik diproses menjadi kompos dan digunakan untuk memupuk tanaman. Sampah non organik dikelompokkan lagi menjadi 3, yaitu: kertas, plastik, kaca/logam dan selanjutnya dibawa ke Bank Sampah oleh petugas dari tiap-tiap kelas dan dari Kantin Sekolah.  
  3. Sampah kertas, plastik dan logam diterima oleh petuga (teller) dari Bank Sampah, kemudian ditimbang dan dicatat oleh teller sesuai jumlahnya.
  4. Teller akan memberikan sejumlah uang kepada nasabah, berdasarkan harga yang tentukan setiap kilogramnya.
  5. Jika kumpulan sampah sudah cukup banyak, Bank Sampah menghubungi pembeli (home industri daur ulang sampah) untuk mengambil sampah dan mendapatkan uang. Uang tersebut dikelola oleh Bank Sampah untuk kegiatan jual beli sampah dengan para nasabah (petugas kelas).

 

NASABAH BANK SAMPAH

Nasabah Bank Sampah di SMP Pangudi Luhur Sedayu terdiri dari sembilan (9) kelompok, yaitu 8 kelas dan Pramuka. Setiap nasabah mempunyai catatan penimbangan sampah dan keuangan masing masing. Khusus kelompok Pramuka juga menangani pengelolaan sampah organik, yaitu pembuatan kompos.

 

MITRA KERJA BANK SAMPAH

Mitra kerja Bank Sampah berupa unit usaha sampah yang bergerak dalam bidang pemanfaatan sampah, baik untuk di daur ulang maupun dijual kembali pada skala yang lebih besar. Adapun Mitra Kerja ini mempunyai tugas untuk mengambil dan membeli sampah dari Bank Sampah ketika jumlahnya sudah cukup banyak. Unit usaha yamg menjadi mitra kerja Bank Sampah SMP Pangudi Luhur Sedayu adalah CV KSM Mekar Abadi dan UD Sregep.

 

STRUKTUR ORGANISASI BANK SAMPAH

A Komisaris/Pengawas 1. Bp. Fx. Aris Suwido, SPd
    2. Bp. L. Sunarko
B Direktur 1. Marta Kusumaningtyas Padmanegara (VIII A)
C Customer Service 1. Antonius Brian Dwi Saputra (VIII B)
    2. Theresia Befrianti Utami (VIIIA)
D Accounting 1. Yasinta Ganis Aryani (IXC)
    2. Elisabet Dativa Mayorika (VIIIB)
E Teller 1. Margareta Sukma Mega (VII A)
    2. Dea Rosmala (VIII A)
F Penimbangan 1. Aji Tangkas Perbowo (VII B)
    2. Marcellino Rahardian Prasetyo (VII A)
    3. Antonius Prasetyo Wibowo (VII A)

 

 








^:^ : IP 54.156.92.243 : 2 ms   
SMP PANGUDI LUHUR SEDAYU
 © 2017  http://smpplsedayu.pangudiluhur.org/