SMP PANGUDI LUHUR SEDAYU
SMP Pangudi Luhur St. Vicentius - Jl. Wates Km 12, Sedayu, Bantul 55752 Jawa Tengah  - Indonesia
Kamis, 02 Juli 2020  - 1 User Online  
BERANDABUKU TAMU. 


13.01.2011 08:19:01 1824x dibaca.
ARTIKEL
PKS SMP PL ST VINCENTIUS SEDAYU DIUSUNG 2 TRUK POLRES BANTUL

Oleh : F. Noviana

PKS adalah singkatan dari Patroli Keamanan Sekolah, bukanlah hal yang baru bagi SMP PL St.Vincentius Sedayu. Sudah cukup lama keberadaannya di sekolah ini mengingat sekolah ini berada di lintasan jalan Yogyakarta-Purworejo.

Para pengguna jalan raya yang melintasi jalan Wates km. 12, Argosari, Sedayu, Bantul, terutama pada jam- jam sekolah, maka akan dapat melihat anak-anak dengan seragam putihnya berderet dipinggir jalan raya untuk menyeberangkan rekan-rekannya baik yang akan berangkat maupun pulang sekolah. Hal tersebut mengingat bahwa jalan Wates merupakan jalan yang padat lalu lintasnya terutama pada jam- jam sibuk sekolah dan kerja. Itulah hal-hal yang sering kali dilakukan oleh anggota PKS ini secara bergantian tiap kelompoknya, baik untuk tugas pagi maupun tugas siang yang tentu saja dengan didampingi oleh Bapak /Ibu Guru yang hari itu sedang tugas piket.

Keberadaan PKS SMP PL St. Vincentius Sedayu ini ternyata menarik perhatian dari Polres Bantul, karena bagaimanapun tentunya tugas Polisi terutama Polisi Lalulintas akan lebih ringan dengan adanya PKS ini. Oleh karenanya dalam rangka memperingati Hari Bhayangkara ke-62, Polres Bantul menunjuk dan memberi kepercayaan PKS dari SMP PL St. Vincentius Sedayu untuk mewakili Kabupaten Bantul dalam Festival PKS di tingkat Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta pada 4 Juni 2008 yang lalu di POLDA DIY.

Polres Bantul memang terbukti cukup serius dalam menangani kegiatan ini yaitu dengan mengirimkan anggotanya ke SMP PL St. Vincentius Sedayu guna membina langsung para anggota PKS ini, dengan memberikan pelatihan secara rutin, selama lebih kurang satu bulan.

Setelah melalui proses penyaringan, ada 20 siswa yang kemudian mewakili sekolah sekaligus sebagai wakil dari Kabupaten Bantul untuk mengikuti festifal tersebut. Salah satu hal yang dapat dipetik dari keikutsertaan PKS SMP PL St. Vincentius Sedayu, adalah semakin bertambahnya wawasan dan semakin meningkatkan rasa percaya diri.

Terbawa rasa capek yang menghinggapi serta didukung oleh udara kota Yogya yang saat itu memang terasa kurang nyaman, memberikan suatu inisiatif bagi Br Martinus Sariya Giri, FIC dan Bapak C. Suhartanta yang saat itu mendampingi para siswa anggota PKS tersebut untuk mampir sejenak di Monumen Yogya Kembali, untuk sekedar refresing tapi sekalian menambah ilmu. Istilahnya sekali mendayung dua tiga pulau terlampaui. Ada hal yang cukup menggelikan yang terjadi saat itu, karena ternyata belum semua anak anggota PKS St. Vincentius ini pernah datang ke monumen Yogya Kembali ini. Jadi ya banyak yang masih heran dan gumun juga.

Ok, selamat bagi anggota PKS SMP PL St. Vincentius Sedayu yang telah melaksanakan tugasnya dengan baik, selamat pula karena dapat tambahan pengetahuan di Monumen Yogya Kembali.








^:^ : IP 34.231.21.160 : 2 ms   
SMP PANGUDI LUHUR SEDAYU
 © 2020  http://smpplsedayu.pangudiluhur.org/