SMP PANGUDI LUHUR SEDAYU
SMP Pangudi Luhur St. Vicentius - Jl. Wates Km 12, Sedayu, Bantul 55752 Jawa Tengah  - Indonesia
Kamis, 02 Juli 2020  - 1 User Online  
BERANDABUKU TAMU. 


13.01.2011 08:12:12 1588x dibaca.
ARTIKEL
SEGALA YANG BAIK DATANG DARI TUHAN

Oleh : Th.Trismiati,IXB ,2007/2008

1. Pengantar
Saya Theresia Trismiati, siswi "SMP Pangudi Luhur Sedayu" angkatan tahun 2006/2007. Sekolah yang sejuk dan asri membuat saya tertarik untuk masuk ke sekolah ini. Awal kesan saya masuk ke sekolah ini adalah sebuah kekaguman. Selain keadaan sekolah yang begitu dekat dengan alam, guru dan karyawan yang ramah dan murah senyum serta kakak kelas yang baik membuat saya semakin mengerti betapa sekolah ini begitu menjunjung tinggi budi pekerti.


2. Dua Tahun Pertama di Sekolah
Awal saya bersekolah, SMP ini dipimpin oleh "Bapak Antonius Bardi". Pribadi yang tegas dan disiplin menghiasi kewibawaannya. Namun, kami murid kelas Vll tidak bisa merasakan kepemimpinan beliau lebih lama lagi, karena beliau jatuh sakit dan akhirnya dipanggil Tuhan. Kesedihan yang mendalam begitu terasa dalam lingkup warga sekolah. Namun, kami tak boleh terus menerus larut dalam kesedihan. Kami akan meneruskan cita-cita beliau dan berusaha mewujudkannya untuk menjadikan sekolah ini lebih maju. Akhirnya jabatan Kepala Sekolah diberikan kepada "Ibu Sri Wuryanti", selaku Wakil Kepala Sekolah. Namun, kami siswa-siswi SMP juga tidak bisa merasakan suka duka dipimpin beliau. Mengingat tugas ke sekolah lain yang harus beliau emban, membuat kami kehilangan sesosok ibu yang bijaksana dan murah senyum. Kesedihan kami semakin bertambah karena kepergian Ibu Sri diikuti oleh Bu Rahayu dan Bu Danik yang harus pindah ke sekolah Negeri.


3. Memasuki Tahun Ketiga
Akhirnya sekolah kami kedatangan seorang pemimpin baru, yang wajah dan kepribadiannya sama sekali belum kami kenal. "Bruder Martinus Sariya Giri, FIC"!! Beliaulah pengganti Ibu Sri Wuryanti sebagai Kepala Sekolah. Sifatnya yang ramah dan bersahabat, tidak menyulitkan kami sebagai warga sekolah untuk dekat dengannya. Berkat Tuhan, kesedihan kami sedikit demi sedikit terobati karena kedatangan beliau ke sekolah ini membawa angin yang jauh lebih segar dari dua tahun terakhir yang telah saya lewati. Banyak hal yang berubah dengan hadirnya Bruder yang satu ini. Yang paling khas adalah kedisiplinan, ketertiban dan kinerja guru/karyawan. Hubungan antar warga sekolah begitu indah.


4. Setahun Bersama Bruder Giri
Tahun 2007 bagi saya adalah tahun yang penuh berkat bagi warga sekolah SMP, karena banyak hal baru yang terjadi dalam komunitas sekolah ini. Baik dalam suasana sekolah, sarana prasarana, kegiatan siswa, dan semangat belajar siswa maupun semangat bekerja guru dan karyawan. Sekolah yang sudah berkembang mulai merangkak maju dengan kedatangan beliau. Gedung sekolah mulai di cat ulang, taman-taman semakin cantik dengan adanya tumbuhan baru yang mulai ditanam. Selain itu sarana belajar mengalami perubahan yang jelas terlihat oleh kami. Jumlah komputer yang bertambah, meja komputer yang baru, dan membangun perpustakaan, yang menurut kami sangat penting, karena perpustakaan adalah jendela dunia. Dalam prestasi pun, perubahan begitu kentara. Dulu, sebelum Bruder Giri datang, sekolah kami sangat sulit untuk bisa memenangkan suatu perlombaan. Namun, setelah beliau datang, kami diajari macam-macam, yang menurut kami adalah hal yang baru. Berkat kegigihan beliau dan partnernya untuk mendidik kami, akhirnya dalam perlombaan koor, kami dapat meraih juara l tingkat kabupaten sejak 4 kali mengalami kegagalan dalam lomba pada tahun-tahun yang lalu.

 Pujian dan ucap syukur karena rahmatNya pun tak terhitung jumlahnya yang keluar dari hati kami. "Pribadi beriman unggul dalam mutu", sebagai visi sekolah dan sekaligus yell kami sepertinya mulai terwujud di komunitas kami. Siswa disini pun mulai menunjukkan perubahan. Bulan-bulan pertama di awal tahun ajaran 2007 banyak teman yang dipanggil bersama kedua Orang Tua mereka. Akhirnya 3 siswa dari 8 siswa teman dan adik kelas yang selalu bermasalah harus dinyatakan dikeluarkan dari sekolah. Saya pun lega karena baru kali ini siswa di keluarkan dari sekolah dan sepertinya lebih baik begitu.
Memasuki bulan kedua, ketertiban dan kedisiplinan mulai tertata. Tidak saya jumpai lagi siswa dan guru yang datang terlambat, tidak ada lagi siswa yang membolos apalagi berita tentang siswa yang suka ngumpul untuk ngrokok, minum dan mabuk-mabukan di dekat lingkungan sekolah.

Bagi saya Bruder Giri adalah sosok motivator dan pembimbing yang hebat. Kata-katanya selalu menyemangati kami, membuat kami berpikir dan tidak ada masalah siswa yang tidak terselesaikan dengan senyum. Hal lain yang menonjol dari beliau adalah musik. Dia adalah pencinta musik. Pagi hari selalu diperdengarkan musik di sekolah, bahkan beliau sendirilah yang mengarang lagu Mars SMP PL ini. Mungkin beliau tahu selera dan gairah remaja yang gemar banget dengan musik.

5. Beberapa Usaha Menjadi Lulus
Bagi kami, murid-murid kelas lX, persiapan menghadapi ujian sungguh-sungguh dalam persiapan yang matang. Tambahan pelajaran dari hari Senin sampai dengan hari Kamis dan persiapan secara religi, seperti misa dan Novena Hati Kudus Yesus, yang ditutup di Candi Ganjuran, dilanjutkan ke pantai Depok untuk menghilangkan ketegangan menghadapi ujian sangat menyemangati kami untuk semakin belajar. Sehingga waktu ujian kami dapat mengerjakan ujian dengan baik, dan dapat lulus dengan nilai secara maksimal.

Ada hal yang baru pada ujian tahun ini. Sebelum Ujian kami sudah disiapkan snack dan minum the hangat oleh sekolah. Sesudah Ujian kami disiapkan makan siang. Tapi tidak terus pulang, kami malah di “strap” di sekolah agar belajar bersama sampai sore pk 16.00. setelah itu kami baru pulang dan disarankan untuk istirahat.

Tuhan, trimakasih, itulah ucapan yang tiada henti. Akhirnya kami lulus meskipun ada satu teman kami yang belum berhasil. Namun betapa Tuhan telah menunjukkan kasih-Nya.


6. Pesan Untuk Para Guru
Ucapan trimakasih, rasanya belum cukup untuk membalas usaha dalam mendidik dan mengajar kami. Beliau-beliaulah yang mengukir kebahagiaan dalam diri siswa dan sekolah. Hanya doa yang mampu kami panjatkan, agar selalu dalam rahmatNya. Semoga semakin menjadi pendidik yang semakin berkualitas, sabar dalam menghadapi murid-muridnya, dan selalu mengingat Dia yang tak pernah berhenti mendampingi kita.


7. Pesan Untuk Adik-Adik Kelas
Semua kesuksesan yang telah dicapai oleh kakak-kakakmu tidak luput juga dari usahamu sendiri. Trimakasih juga dari kami atas segala dukungan yang terus diberikan kepada kami. Teruslah belajar dan pantang menyerah, sehingga apa yang telah kalian cita-citakan dapat terwujud. Ingatlah juga pesan Bruder: “YOU ARE WHAT YOU THINK” maka engkau akan menjadi apa yang engkau pikirkan. Masih lagi yaitu selalu berpikirlah positif dan progresif. Jangan lupa juga pesan Bruder buatlah kebiasaan dan pembiasaan yang mendukung suksesnya kalian sebagai: pelajar, anak dalam keluarga dan remaja dalam masyarakat. Sukses untuk kalian semua sebagai "PRIBADI BERIMAN DAN UNGGUL DALAM MUTU"!!!

   








^:^ : IP 34.231.21.160 : 2 ms   
SMP PANGUDI LUHUR SEDAYU
 © 2020  http://smpplsedayu.pangudiluhur.org/